Menyendiri di Tempat Hangout Ternyata Memberikan Banyak Manfaat, Lho!

Budaya kumpul-kumpul atau nongkrong memang melekat dengan tempat hangout Jakarta. Anda yang ingin bertemu teman-teman dan bertukar kabar pastinya bakal langsung mencari meeting point seperti kafe atau restoran. Terlebih, menemukan tempat hangout di Jakarta bukan sesuatu yang sulit.

Namun, ada kalanya Anda ingin hangout sendiri tanpa ditemani siapa-siapa. Kendati masih banyak orang yang menganggap menyendiri di kafe atau restoran terkesan menyedihkan, kenyataannya ada banyak manfaat yang bakal Anda peroleh dari sesi tersebut, antara lain:

  • Momen ‘me time’ yang paling simpel

Merasa suntuk dan bosan karena terus menerus bertemu orang? Hasil studi yang dilakukan pakar psikologis Sarah Pedersen mengungkapkan bahwa mempunyai ruang untuk menyendiri berdampak terhadap kestabilan emosi hingga meningkatkan kualitas kesehatan mental Anda. Jadi, kalau Anda belum sempat liburan ke luar kota atau negeri, me time di kafe atau tempat hangout lainnya sudah cukup membantu buat menyegarkan pikiran.

  • Rileks dengan menyimak ‘white noise

White noise merupakan bunyi latar belakang berfrekuensi rendah yang berdasarkan sejumlah penelitian mampu menstabilkan emosi para pendengarnya. Riset dari pakar psikoterapi Dr. Ryan Howes pun mengungkapkan white noise dapat meredakan anxiety hingga depresi. Uniknya, white noise bisa didapatkan di lingkungan sekitar. Dentingan gelas, obrolan para pengunjung, hingga bunyi halus mesin penggiling kopi ternyata masuk ke dalam white noise.

  • Meningkatkan produktivitas pendengar

Begitu mendapatkan ruang sendiri, secara otomatis Anda tak akan memedulikan gangguan di sekitar. Jadi, jangan kaget kalau misalnya Anda menemukan orang-orang yang mampu bekerja atau merenung di kafe yang sedang ramai pengunjung. Hal tersebut disebabkan mereka sudah bisa memfokuskan dirinya pada kegiatan yang dilakukan. Dengan begitu, tingkat produktivitas akan ikut meningkat karena Anda tak mudah terdistraksi.

  • Santai melakukan berbagai aktivitas

Walau terasa seru, hangout bersama teman kadang menguras tenaga yang lebih banyak dan membuat Anda cepat kelelahan. Kadang Anda juga kesal saat ada yang datang telat atau tiba-tiba membatalkan kedatangan. Namun, saat melakukan semuanya sendiri, Anda akan lebih santai karena lepas dari tekanan-tekanan tersebut. Alhasil, Anda bisa lebih optimal menikmati hidangan atau menyelesaikan pekerjaan.

  • Membantu memaksimalkan introspeksi diri

Ada kalanya Anda harus menyendiri saat tertimpa masalah. Tujuannya, tak lain untuk melepas penat dan menjernihkan kepala supaya Anda bisa menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikannya. Pergi ke kafe atau tempat hangout yang menyediakan privasi adalah salah satu langkah yang bisa membantu Anda memaksimalkan introspeksi diri. Kalau sudah mendapatkan jalan keluar, masalah pun tak akan larut semakin dalam.

Semoga setelah menyimak artikel ini, Anda semakin percaya diri untuk menghabiskan waktu di tempat hangout tanpa mengajak teman-teman terdekat, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *