Cara Membuat Seblak Rumahan, Tidak Kalah Enak!

Berbicara mengenai makanan di Indonesia, anda memang bisa menemukan berbagai macam jenis makanan. Termasuk dengan seblak dimana menjadi makanan khas yang sedang booming di tanah Air terutama bagi kalangan anak muda. Walaupun asalnya dari Bandung, tetapi sekarang anda bisa menemukannya dimana-mana.

Adapun seblak sendiri merupakan kuliner yang terbuat dari kerupuk udang kemudian akan disiram dengan bumbu berkuah pedas. Makanan ini sendiri memang sangat popular karena rasa pedasnya tersebut. Sehingga banyak disukai oleh para anak mudah di Indonesia. Dan anda pastinya juga menjadi salah satu orang yang menyukai makanan tersebut?

Resep Rujak Ala Rumahan di Jamin Mudah

Walaupun sebagian besar orang tidak tahan dengan rasa pedas, tetapi makanan pedas seperti seblak ternyata memberikan banyak manfaat. Sebab jahe mempunyai khasiat sebagai anti-inflamasi dan bawang putih juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam jenis kondisi kesehatan termasuk radang sendi hingga gangguan autoimun.

Untuk bisa menikmati sajian kuliner khas Bandung tersebut, anda memang bisa menemukannya dimana-mana. Tetapi pastinya pernah berpikir membuatnya sendiri di rumah bukan? Terlebih lagi, makanan yang dibuat di luar kemungkinan besar tingkat kebersihannya masih kurang. Nah, daripada penasaran, berikut resep untuk sajian kuliner ini ala rumahan.

  1. Bahan-bahan

Adapun bahan-bahan untuk membuat seblak sendiri memang sangat mudah bahkan anda bisa menemukan bahannya tersebut di dapur. Nah, untuk lebih jelasnya, langsung saja simak penjelasannya berikut:

  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 6 siung
  • Cabai merah besar 3 buah
  • Cabai kecil sesuai selera
  • Kencur 1 ruas
  • Kerupuk bawang dan macaroni 1 genggam
  • Sawi hijau atau putih sesuai dengan selera
  • Telur 1 butir
  • Sosis secukupnya
  • Daun bawang 1 batang
  • Gula, garam dan penyedap rasa secukupnya.
  1. Cara Pembuatan Seblak

Masuk ke tahap pembuatan, dimana anda juga tidak akan kesulitan dalam memulai proses pembuatannya. Anda bisa merendam kerupuk dan makaroni menggunakan air panas dan tunggu hingga mengembang. Sambil menunggu, anda bisa mengikuti panduan berikut.

  1. Haluskan bumbu seperti cabai, bawang merah dan putih, kencur hingga halus
  2. Tumis ke dalam minyak 5 sdm atau secukupnya hingga mengeluarkan aroma harum
  3. Tambahkan air ke dalamnya kurang lebih 3 gelas. Tunggu hingga air tersebut benar-benar mendidih.
  4. Jika sudah mendidih, masukkan telur dan campur hingga matang. Masukkan bahan lainnya seperti sosis dan sawi
  5. Tambahkan garam, gula serta penyedap rasa secukupnya dan jangan lupa melakukan koreksi rasa terlebih dahulu.
  6. Seblak dengan resep ala rumahan bisa dihidangkan ketika masih panas.

Berbicara mengenai Bandung, memang dikenal surga kuliner bagi para pecintanya. Bahkan sebagian besar kulinernya sudah bisa ditemukan dimana-mana seperti makanan satu ini. Dengan resep seblak diatas dijamin anti gagal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *